Minggu, 12 Februari 2012

Ilmuwan Ungkap Fakta Menakjubkan Berterima Kasih

[imagetag]

Para ilmuwan mengungkap fakta menarik mengenai ungkapan terima kasih. Ternyata, kata ajaib ini memiliki dampak sangat besar pada manusia. Ingin tahu?

Mengungkapkan rasa terima kasih atau syukur pada seseorang, entah secara verbal, fisik atau bahkan dalam bentuk tulisan memiliki efek penting pada manusia, tak hanya secara mental juga secara fisik.

Menurut ilmuwan, orang yang tak mau berterima kasih atau bersyukur sebenarnya menipu dirinya sendiri. Aksi berterima kasih pada orang melepaskan zat kimia dalam tubuh termasuk zat kimia 'hadiah' seperti dopamine dan serotonin yang membuat manusia merasa senang dan tenang serta hormon oxytocin yang lepas saat pasangan bersama.

"Jika berterima merupakan obat, obat ini akan menjadi obat terlaris di dunia. Obat ini mampu mempengaruhi tiap sistem organ utama manusia," ungkap Dr P Murali Doraiswamy dari Duke University.

Berkat berterima kasih, hormon stres seperti cortisol akan berkurang. Menurut hasil studi ini, kuncinya adalah terima kasih tulus yang tubuh harus 'tahu' ada hal positif terjadi dan tubuh meresponnya. "Jika ingin meningkatkan kesehatan, tulis surat ungkapan terima kasih pada seseorang selama 15 menit," ungkap Steve Toepler dari Kent State University.

"Manusia tak menyadari memiliki sumber menakjubkan ini. Kita harus memakainya untuk meningkatkan kualitas hidup," tutupnya seperti dikutip DM.

Doni Nurdiansyah 13 Feb, 2012

co-ademin 13 Feb, 2012


-
Source: http://bukan-dami.blogspot.com/2012/02/ilmuwan-ungkap-fakta-menakjubkan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar